Harga merupakan salah satu unsur variabel non
produk yang paling sensitif bagi konsumen karena mempunyai peranan penting
dimata konsumen sebagai pertimbangan dalam keputusan pembelian suatu produk.
Dari sudut pandang pemasaran, harga merupakan ukuran atau nilai dari barang
atau jasa yang ditukarkan agar memperoleh hak kepemilikan atau penggunaan suatu
barang atau jasa.
Menurut
Kotler (2001), harga adalah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk
atau jasa, atau jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat-manfaat
karena memiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut.
Program pemasaran yang efektif mencampurkan semua elemen bauran pemasaran ke
dalam program yang dirancang untuk mencapai sasaran pemasaran perusahaan dengan
memberikan nilai kepada konsumen. Bauran pemasaran membentuk perangkat alat
taktis perusahaan untuk menetapkan posisi yang kuat dalam target pasar. Selain
itu perusahaan harus mempunyai perencanaan yang strategis yang dapat
digambarkan sebagai sebuah metode untuk mencapai tujuan dengan mengantisipasi
hal yang akan terjadi dan menentukan tindakan yang perlu dilakukan (Kotler,
2000).
Promosi sebagai salah satu cakupan bauran pemasaran yang penting dalam
memasaran barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan dan juga sebagai suatu
cara memberikan informasi kepada masyarakat tentang barang atau jasa yang
dihasilkan perusahaan. Promosi
merupakan suatu bentuk dari komunikasi pemasaran, yaitu aktivitas pemasaran
yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk dan atau
mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar konsumen bersedia
menerima, membeli, dan loyal pada produknya yang ditawarkan perusahaan
(Tjiptono,2002).
Daftar
Pustaka
Kotler,
Philip dan Kevin Keller. 2009. Manajemen
Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Basu
Swastha dan Irawan. 1997. Manajemen
Pemasaran. Yogyakarta : Modern Liberty.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar