mining

Rabu, 27 Mei 2015

PENGERTIAN EKONOMI




Pengertian Ekonomi menurut Pendapat Adam Smith adalah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan dari suatu negara.
Menurut Abraham Maslow, Pengertian Ekonomi ialah salah satu dari bidang pengkajian dimana mencoba menyelesaikan masalah keperluan manusia melalui berbagai sumber ekonomi yang ada dengan didasarkan pada prinsip dan teori tertentu di dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efisien dan efektif.
Paul A. Samuelson mengunkapkan Pengertian Ekonomi, ekonomi merupakan cara-cara yang dilakukan oleh individu atau manusia dan kelompoknya untuk memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas atau langka untuk memperoleh berbagai barang produksi dan mendistribusikannya kepada masyarakat.
Pengertian Ekonomi menurut Mill J. S yaitu sains praktikal mengenai pengeluaran dan penagihan.
Pengertian Ekonomi menurut J. L. Mey Jr adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha manusia, usaha dalam hal ini yaitu ke arah kemakmuran.


| Ilmu Ekonomi |
Pengertian Ilmu Ekonomi menurut J. Van Zwijnregt adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran.
Menurut Albert Meyers, Pengertian Ilmu Ekonomi ialah ilmu pengetahuan yang mempersoalkan kebutuhan dan pemenuhan kebutuhan manusia.
Lionnel Robbins mengemukakan bahwa Pengertian Ilmu Ekonomi merupakan ilmu yang berhubungan erat dengan aspek kelakuan manusia yang timbul karena kelangkaan alat-alat guna mencapai tujuan yang ada.
Frank Knight mengatakan, studi mengenai Ilmu Ekonomi yaitu studi mengenai cara bertindak ekonomis.
Pengertian Ilmu Ekonomi menurut H. M. Croome adalah ilmu mengenai kelangkaan.
Menurut Van Der Valk, ilmu ekonomi mempelajari tindakan-tindakan ekonomis, dari manusia dan akibat-akibatnya.
Dari pengertian ilmu ekonomi di atas, dapat disimpuLkan bahwa Pengertian Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang usaha-usaha manusia untuk mencapai kebutuhannya dan akibat-akibat yang di timbulkannya.
Dalam ilmu ekonomi, terlalu banyak sentuhan pasar karena tujuan utamanya adalah efisiensi, bahkan jika diperlukan dengan pengeluaran pembiayaan yang sekecil-kecilnya diharapkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Karena itu disiplin terikat pada materi.
Sistem ekonomi dalam suatu organisasi yang bersifat dagang, penggajian pekerjanya didasarkan pada kelelahan dari pekerjanya. Jadi pengabdian yang sifatnya abstrak bukan ukuran, namun untuk promosi yang memerlukan biaya miliar adalah karena motivasi pada akhirnya.
Sekian pembahasan mengenai pengertian ekonomi dan pengertian ilmu ekonomi menurut pakar, semoga tulisan saya mengenai pengertian ekonomi dan pengertian ilmu ekonomi menurut pakar dapat bermanfaat.
Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Ekonomi dan Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Pakar :
- Inu Kencana Syafiie, 2011. Etika Pemerintahan. Penerbit PT Rineka Cipta : Jakarta.
- Nurul Qamar, 2009. Pengantar Hukum Ekonomi. Penerbit Pustaka Refleksi: Makassar.

http://www.pengertianpakar.com/2015/02/pengertian-ekonomi-dan-ilmu-ekonomi.html#_

1 komentar: